Jika Anda kebingungan memulai bisnis online atau berkeinginan membangun aset digital yang menghasilkan income untuk Anda, maka memiliki sebuah blog yang berkualitas adalah kunci ampuh yang sudah terbukti.

Membuat blog di wordpress self-hosted bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan.
Saya tahu kalau Anda baru ingin mulai membuat blog atau website menggunakan wordpress self-hosted.
Meski tidak mudah, Anda pasti bisa membuatnya !

Mari kita mulai dengan mencari tahu apa saja sih yang perlu dipersiapkan untuk membuat blog di wordpress.
Berikut akan saya bocorkan langkah demi langkah yang perlu dilakukan.

Secara singkat, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:

1. Menentukan tema konten blog
2. Menentukan platform blog
3. Memilih nama domain untuk blog
4. Memilih penyedia hosting yang berkualitas
5. Menginstall wordpress dan setting awal blog Anda
6. Menginstall Plugin WordPress yang Penting Untuk Blog Anda
7. Membuat postingan pertama
8. Membuat Autoresponder/Newsletter untuk Email Marketing
9. Memilih sumber income untuk blog Anda
10. Mendatangkan Traffic pengunjung blog

Mari kita mulai menjelaskan secara lebih detil masing-masing langkah di atas.

1. Menentukan Tema Konten Blog


Berdasarkan Pengalaman para blogger sukses di dalam dan luar negeri mengerucut pada kesimpulan bahwa blog berkualitas serta sukses adalah blog yang memiliki tema spesifik.

Blog yang memiliki tema spesifik akan memudahkan pengunjung untuk mengidentifikasi keahlian kita sehingga memunculkan trust terhadap blog kita. Sebab pada dasarnya sangat jarang orang yang sangat ahli dalam banyak hal.

Maka tentukan tema blog yang paling Anda kuasai dan yang ingin Anda citrakan bahwa Anda ahli di bidang tersebut.

Tema (niche) apa yang akan menjadi bahan perbincangan di blog Anda?

Banyak sekali tema yang bisa Anda pilih, misalnya:

    1. Teknologi
    2. Kesehatan
    3. Olahraga
    4. Otomotif
    5. Berita
    6. Blog pribadi
    7. Toko online
    8. dll

Jadi Sebelum Memulai Membuat Blog Tentukan Terlebih Dahulu tema nya ya.

2. Menentukan Platform Blog


Platform blog adalah semacam software atau Content Management System(CMS) yang digunakan untuk membuat blog. Di dunia interet ada dua platform/software pembuat blog yang populer yaitu WordPress dan Blogspot.
Jika Anda ingin serius membangun aset digital dan menghasilkan income besar dari sebuah blog, maka saya sarankan adalah gunakan wordpress self-hosted.

Jika Anda mau mempertaruhkan waktu dan biaya Anda untuk mencoba-coba platform lain, saya tidak bisa memaksanya. Namun berdasarkan pengalaman saya, kemanapun Anda akan mencoba, pada suatu titik nanti Anda PastiI akan menggunakan wordpress sebagai software pembuat blog Anda.

Panduan kali ini adalah petunjuk untuk blog yang menggunakan wordpress, bukan yang lain.

3. Memilih Nama Domain untuk Blog

Nama domain blog ini nantinya yang akan menjadi identitas dan brand blog Anda. Maka jangan main-main dalam memilih nama domain.

Memilih nama domain hanya bisa dilakukan sekali dan tidak dapat diganti-ganti lagi di kemudian hari.

Ada beberapa tips panduan memilih nama domain untuk blog Anda, antara lain:

1. Memiliki hubungan dengan topik yang Anda pilih.
2. Mudah diingat ditulis, dan diucapkan oleh pengunjung.
3. Unik dan beda – pemilihan nama yang unik akan berpeluang menjadikan sebuah merk yang lain dari pada yang lain.
4. Pertimbangkan mesin pencari google aspek-aspek Search Engine Optimazion (SEO).
5. Jangan gunakan tanda baca dan hindari penggunaan karakter dan angka.
6. Gunakan DOT COM! – Ya, ini hampir tidak bisa ditawar. Gunakan ekstensi domain dot.com untuk nama blog Anda karena itu yang paling familiar untuk banyak orang dan paling mudah diingat.

Anda dapat mengecek ketersediaan domain pilihan Anda di sini cek nama domain.

Jika masih available/tersedia, maka nama domain tersebut dapat Anda miliki. Namun jika sudah taken/tidak tersedia maka nama domain tersebut sudah dimiliki orang lain dan Anda harus mencari alternative nama lain.

4. Memilih Penyedia Hosting yang Berkualitas

Memilih Penyedia hosting adalah hal yang sangat krusial bagi anda yang ingin serius membangun blog atau aset digital lainnya. Sebab di dalam sebuah hosting inilah kita menyimpan semua aset digital kita sehingga harus dipastikan aman dan dapat diandalkan.

Jangan Percayakan blog Anda pada hosting abal-abal yang berharga murah sebab Anda akan disibukkan dengan urusan yang tidak perlu dan malah tidak sempat membangun blog yang bagus dan berkualitas.

Saya sendiri menggunakan dua layanan penyedia Hosting Indonesia dan Internasional.

Untuk Hosting Indonesia saya menggunakan Penyedia Hosting Niagahoster. Beberapa alasan saya antara lain:

1. Harga relative terjangkau
2. Spesifikasi hosting Unlimited, bagus dan dapat diandalkan
3. Layanan customer servicenya Fast Respon dan dapat dihubungi menggunakan Bahasa Indonesia
4. Gratis domain selamanya
5. Bergaransi

Anda dapat mendapatkan layanan Hosting Niagahoster di sini Web Hosting Indonesia, Murah, Unlimited & Terbaik.

Sedangkan untuk penyedia Hosting Internasional, saya menggunakan Hawkhost. Alasan karena Hosting layanan ini hampir sama dengan pertimbangan saya memilih layanan hosting Indonesia.

Namun bedanya, Anda harus menggunakan mata uang dolar saat membelinya dan jika ada pertanyaan danbantuan harus menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Dan juga, di hawkhost ini Anda tidak diberikan domain gratis alias Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk membeli domain.

Untuk mendapatkan layanan Hosting hawkhost, Anda bisa mengunjungi di sini Web Hosting, VPS Hosting, Reseller Hosting – Hawk Host.

Dan satu lagi hal yang perlu dipahami jika pengunjung blog anda nantinya mentargetkan orang indonesia, maka pilihlah penyedia layanan hosting dari indonesia karena mereka menggunakan server yang berlokasi di Indonesia. Namun jika calon pengunjung blog Anda adalah dari Internasional, gunakan layanan hosting yang memiliki lokasi server di negara calon pengunjung Anda. Ini akan mempengaruhi kecepatan blog/website Anda saat loading.

5. Menginstall WordPress dan Mensetting Awal Blog Anda

Jika Anda sudah memiliki domain dan hosting, maka saatnya Anda menginstall software blog yang bernama wordpress. Jika Anda pemula, tenang saja sebab saya sudah pernah membuatkan tutorial bagaimana menginstall wordpress untuk pertama kali di hosting Anda.

Jika Anda sudah selesai melakukan instalasi wordpress, maka selamat! Anda sudah memiliki BLOG PROFESIONAL pertama Anda dan sudah bisa diakses darimanapun selama terhubung dengan Internet. Kemudian langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan setting awal blog Anda sebelum diisi dengan beragam konten berkualitas untuk pembaca Anda. Panduan Menginstal WordPress di Cpanel Dengan Softaculous

Beberapa hal yang perlu dilakukan Adalah Menginstal

1. Memilih themes yang bagus.

Pada dasarnya, themes apapun dapat Anda gunakan, namun agar Anda tidak bingung dan tidak perlu mencoba-coba lagi saya merekomendasikan themes landingpress, SuperFast dan Newspaper untuk Anda gunakan di blog Anda. Themes ini premium namun harganya terjangkau serta memiliki fitur yang cukup untuk berbagai keperluan dan perkembangan blog Anda kedepannya.

2. Menghapus setting default yang tidak diperlukan diantaranya: sample post, sample page, widget, komentar, dll.
3. Mensetting hal-hal dasar sebelum digunakan diantaranya permalink, Identitas blog, komentar, dll.

Jika Anda kesulitan melakukan semua langkah di step setting awal di atas. Saya akan membantu Anda melakukan semuanya, antara lain:

1. Install wordpress
2. Menginstall tema
3. Menyetting awal hingga siap digunakan

Cukup Anda membeli domain dan hosting Niagahoster dari link berikut ini maka Anda akan saya bantu hingga blog pertama Anda siap digunakan. KLIK DI SINI.

Jika sudah membeli domain dan hosting Niagahoster, silakan informasikan kepada saya maka saya akan kerjakan untuk Anda tanpa tambahan biaya apapun alias GRATIS!

6. Menginstall Plugin WordPress yang Penting Untuk Blog Anda

Plugins adalah sesuatu script tambahan yang dirancang untuk melakukan fungsi tertentu di WordPress Anda. Fungsi tambahan dari Plugin inilah yang membuat WordPress menjadi powerful saat membuat Website. Biasa ada 3 Plugin yang Paling Penting Harus Di Install di Blog Anda yaitu Plugin

1. Plugin SEO untuk Seo saya rekomendasikan Yoast SEO
Plugin ini berfungsi untuk membantu Anda dalam melakukan On Page SEO dengan mengisi Title, Description, Keyword dan lainnya. Secara sekilas, jika On Page SEO di Website Anda maksimal, maka Google akan memberikan nilai bobot lebih pada Website Anda dibandingkan Website lainnya.

2. Plugin Kecepatan Website saya rekomendasikan WP Super Cache
Plugin ini berfungsi meningkatkan kecepatan website dengan jumlah instalasi aktif mencapai lebih dari 1 juta dengan rating 4.3 dari 5. Plugin ini menghasilkan file html statis dari website WordPress Anda kemudian akan ditampilkan ketika ada pengunjung yang mengakses website Anda.

3. Plugin membuat Form saya rekomendasikan Contact Form 7
Plugin ini berfungsi mengelola lebih dari satu form kontak. Anda dapat melakukan pengaturan tampilan dan menambah fasilitas seperti menambahkan fitur untuk mengirimkan file. Plugin ini memiliki pengguna yang cukup banyak, lebih dari 5 juta instalasi aktif pada saat artikel ini ditulis.

7. Membuat Postingan Pertama Anda

Kini, Anda sudah Blog Anda Sendiri. Selamat untuk Anda!

Namun menjadi seorang blogger, apalagi yang dapat menghasilkan jutaan rupiah belum cukup hanya memiliki blog saja. Anda harus mengisinya dengan konten-konten berkualitas untuk Anda sajikan kepada pembaca blog Anda.

Setidaknya ada dua jenis postingan di wordpress yakni Post dan Page.

Post adalah tulisan blog yang disusun berdasarkan kronologis waktu kapan tulisan tersebut dibuat. Postingan ini nantinya akan tersusun secara berurutan mulai dari yang awal sampai tulisan yang terbaru.

Sedangkan Page adalah semacam halaman website yang keberadaannya tidak berdasarkan kronologis waktu dan biasanya bersifat statis atau tidak perlu banyak perubahan dari waktu ke waktu. Kategori page ini yang umum tersedia di suatu blog antara lain: About Us, Profil, Layanan, Tentang Kami dll.

Cara membuat posting adalah sebagai berikut:

Setelah login dashboard blog wordpress Anda, silakan pilih menu POST di sebelah kiri kemudian akan tampil media penulisan postingan blog.
Tampilan dashboard untuk melakukan posting artikel

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan isikan saat membuat postingan blog adalah

1. Judul Artikel – Silakan isikan judul artikel yang akan dipublish.
2. Permalink / URL artikel – secara default ini akan diisi otomatis oleh sistem, namun jika terlalu panjang silakan edit agar lebih pendek dan mudah ditemukan mesin pencari Google.
3. Add Media – Jika postingan Anda membutuhkan gambar atau video, silakan uplaoad terlebih dahulu di sini agar dapat digunakan saat penulisan artikel/konten.
4. Media penulisan dan editing teks – Disinilah Anda dapat menuliskan artikel yang akan dipublish di blog Anda.
5. Setting kelengkapan artikel – Ada beberapa settingan di sini yang perlu Anda sesuaikan agar blog Anda semakin baik, diantaranya: kategori, tag, feature image.
6. Publish/Update – Silakan klik tombol Publish jika sudah beres semua dan Anda bermaksud memposting artikel/konten ke dalam blog Anda.

Selamat, kini Anda sudah berhasil membuat Postingan Pertama Anda dan Sudah sah menjadi blogger professional pemula.

Sambil belajar dan membiasakan diri dengan tampilan wordpress, teruskan berdisiplin membuat artikel untuk di posting sehingga pengunjung blog Anda tidak bosan karena isinya cuma 1 artikel.

8. Membuat Autoresponder/Newsletter untuk Email Marketing

AutoResponder adalah nama lain yang diberikan oleh para internet marketer untuk mengistilahkan email marketing. Ya, ini akan memungkinkan Anda menggunakan sistem yang secara otomatis dapat mengirim email ke semua list email (database) customer/pengunjung Blog Anda. Email Marketing ini Sangat Penting untuk Anda.
Untuk Layanan AutoResponder Gratis Saya Rekomendasi Anda Mencoba MailChimp dan Mailerlite.

Sedangkan Jika Anda punya budget lebih anda bisa menggunakan Layanan Kirim.Email.

9. Memilih Sumber Income untuk Blog Anda

Sesungguhnya dalam teori apapun tidak ada kesuksesan yang instan. Juga termasuk menjadi blogger profesional yang menghasilkan jutaan rupiah. Namun setidaknya ini adalah alternatif yang paling baik dan beresiko paling minim untuk memulai petualangan Anda membangun aset digital berbentuk bisnis online sambil terus mengembangkan keahlian Anda.

Beberapa alternative yang bisa menjadi sumber income blog Anda antara lain:

1. Affiliate marketing – yakni membantu pemilik produk atau jasa untuk mendatangkan pembeli berdasarkan rekomendasi yang kita berikan. Komisi ini besarnya bervariasi antara 10% – 50% dari harga jual. Blog menjadi sarana paling efektif untuk mempromosikan  atau merekomendasikan produk-produk yang membuka kemitraan berupa affiliate.
2. Adsense – yakni penghasilan yang didapatkan dari setiap pengunjung blog kita yang mengklik iklan yang tampil di halaman blog kita. Penghasilan adsense per klik biasanya lebih kecil daripada penghasilan affiliate marketing per penjualan.
3. Menjual produk/jasa kita sendiri – Dalam hal ini, blog digunakan untuk mendisplay keahlian kita agar orang makin percaya dengan apa yang kita tawarkan. Blog menjadi sarana membangun kepercayaan sebelum mereka melakukan pembelian produk/jasa kita.
4. Menjual Ecourse Online di Arkademi.
5. Menjadi Freelance di Fivver atau Project.co.id.

Anda bisa memilih satu atau beberapa penghasilan untuk Anda kombinasikan dalam satu blog Anda.

10. Mendatangkan Traffic Penungjung Blog

Traffic yang menjadi kunci hidup matinya sebuah blog adalah pengunjung. Sebagus apapun blog Anda jika tidak memiliki pengunjung akan sia-sia dan tidak akan ada gunanya. Namun jangan khawatir, banyaknya pengunjung biasanya sebanding dengan kualitas blog Anda. Semakin berguna dan bermanfaat postingan yang ada di blog Anda, maka akan semakin banyak menghadirkan pengunjung loyal yang datang secara rutin.

Sebenarnya ada banyak teknik mendatangkan pengunjung ke blog kita. Mulai dari yang sangat mudah dilakukan hingga memerlukan ketekunan dan kerumitan tertentu.
Karena pembahasan ini untuk pemula agar tidak patah arang sebelum mencoba memulai, maka saya berikan tips mendatangkan pengunjung yang mudah dilakukan.

1. Menampilkan alamat blog kita di semua media social yang kita miliki.
2. Menampilkan alamat blog kita di setiap media promosi offline/kartu nama.
3. Men-share setiap ada postingan baru di seluruh social media yang kita gunakan baik facebook, twitter, Instagram, LinkedIn, dll.
4. Menambahkan signature di email yang kita kirim dengan alamat blog kita.
5. Bergabung di komunitas Group Facebook yang sesuai dengan tema blog kita dan melakukan promosi sesuai dengan tema pembicaraan yang terjadi di grup.

Selamat menjadi blogger profesional, mari kita isi konten di Internet dengan hal-hal postif untuk menandingi hoax yang makin merajalela. Ingin Punya Blog Website Professional Gratis tanpa ribet silahkan Klik Banner Dibawah ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here