Digital Marketing atau bisa disebut pemasaran digital adalah suatu usaha atau metode untuk memasarkan sebuah merek atau produk dengan menggunakan media pendukung dalam bentuk digital. Metode ini mampu menjangkau konsumen baik secara pribadi, relevan dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen.

Apa Itu Internet Marketing?

Internet marketing adalah sebuah metode pemasaran yang memanfaatkan internet sebagai upaya untuk menjangkau pasar secara luas tanpa terbatas waktu dan lokasi negara. Saat ini, penggunaan pemasaran melalui internet berkembang pesat seiring berkembangnya pengguna internet di dunia.

Dalam internet marketing, segala bentuk promosi digital dilakukan secara online tanpa terbatas waktu dan tempat. Dengan kemudahan seperti itu, memungkinkan orang untuk selalu mengakses konten pemasaran kita setiap saat tanpa terbatas tempat dan negara. Misalnya, seperti mencari produk di mesin pencari Google, mencari produk di media sosial bahkan transaksi penjualan di toko online. Layaknya sebuah pemasaran konvensional, dalam Internet Marketing seorang marketer harus mengetahui cakupan dasar seorang marketer untuk memasarkan produknya di internet.

Manfaat Menggunakan Internet Marketing

Ditahun 2018 ini, Ternyata masih banyak masyarakat dunia, terutama Indonesia yang belum mengetahui pasti apa sih sebenarnya manfaat dari pemasaran elektronik tersebut? Apakah lebih manjur dari metode offline? yang sebagian besar kita ketahui melalui jalur brosur, baliho, iklan, dan lain sebagainya.

Beberapa hal yang mestinya harus kamu ketahui tentang manfaat luas menggunakan metode pemasaran internet adalah sebagai berikut.

1. Waktu yang tidak terbatas. (24 jam nonstop)
2. Jangkauan pasar luas. (Bukan cuma kabupaten, kota, provinsi, negara. Kamu bisa menjangkau dunia)
3. Hemat biaya. (Kamu bisa menghemat hingga 80% biaya pemasaran)
4. Jalin hubungan langsung dengan konsumen. (Bisa live chat, messenger atau email)
5. Minim Resiko. (Toko kamu enggak bakal terjadi kebakaran, kemalingan, atau segala hal yang terjadi di real)
6. Saingan (Banyak kategori bisnis terutama di Indonesia yang masih minim pesaing melalui pemasaran internet).
7. Dan masih banyak manfaat lain yang kamu dapatkan.

Jika dikelompokkan, ada 10 Cara untuk melakukan Internet Marketing, diantaranya :

1. Search Engine Optimization (Website SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah teknik internet marketing untuk mengoptimasi website dalam mesin pencari untuk mendapatkan posisi visibilitas di mesin pencari. Dalam hal ini SEO digunakan untuk meningkatkan hasil pencarian website pada posisi halaman pertama di pencarian mesin pencari. Keuntungan menggunakan teknik SEO adalah memberi peluang besar orang-orang untuk melihat, mengakses dan membeli sesuatu melalui sebuah website melalui perantara mesin pencari.

2. Social Media Marketing (SMM) dan Social Media Optimization (SMO)

Social Media Marketing adalah sebuah teknik dalam internet marketing yang fokus dalam aktivitas media sosial baik itu memasarkan atau mengembangkan brand melalui media sosial. Di dalam social media marketing memiliki beberapa metode pemasaran tergantung jenis platform media sosial yang tersedia.

3. Content Marketing (Copywriting)

Copy Writing adalah metode membuat tulisan yang mampu menghasilkan tulisan yang memberikan dampak respon atau tindakan sesuai dengan keinginan penulis. Penggunaan copy writing dalam internet marketing sangat penting menimbang tulisan adalah upaya menjembatani kebutuhan pembeli dengan barang yang kita jual. Copy writing akan mempengaruhi perilaku pembeli seperti mendaftar,membeli,mengingat atau melakukan tujuan lain sesuai tulisan yang kita buat.

4. E-mail Marketing

E-mail marketing adalah metode pemasaran dengan memanfaatkan pesan elektronik ( E-mail ) sebagai media penyebaran informasi. E-mail marketing memiliki metode khusus agar E-mail yang kita kirim tidak mengandung unsur spamming.

5. Display Advertising (DA)

Display Advertising adalah metode periklanan melalui website. Konten yang disediakan bisa berupa tulisan,gambar atau video dengan tujuan untuk mengembangkan brand atau memberi respon pengguna untuk mengunjung sebuah website. Seperti iklan di facebook, twitter, instagram atau website – website yang menerima space display advertising.

6. Affiliate Marketing (AM)

Affiliate marketing adalah manajemen pemasaran yang memanfaatkan orang lain untuk membantu menjual produk yang kita miliki melalui website. Affiliate marketing bisa dikatakan seperti reseller atau dropshipper yang mana mereka menjual produk dengan imbalan mendapatkan komisi dari pemilik barang atau menjual kembali dengan harga yang berbeda.

7. Inbound Marketing

Inbound marketing adalah sebuah teknik pemasaran terbaru yang saat ini beranjak populer di dunia marketing, yaitu proses agar dapat ditemukan oleh konsumen atau calon konsumen. Jauh sebelum muncul istilah ‘inbound marketing‘, teknik semacam ini dikenal dengan sebutan SEO (Search Engine Optimization). Sejak sekitar tahun 2006, inbound marketing telah menjadi metode pemasaran yang paling efektif untuk menjalankan bisnis online.

Inbound marketing berfokus pada pembuatan kualitas konten yang menarik orang terkait perusahaan dan produk, di mana mereka secara alami ingin melihatnya. Metode inbound marketing berbeda dengan outbound marketing. Metode outbound marketing itu kita (perusahaan) mencari atau menjangkau calon konsumen keluar, misalnya seperti membeli ruang iklan, membeli email contact list, atau menelepon calon konsumen dengan penawaran kerja sama.

8. Marketing Automation

Marketing automation adalah penyumbang terbesar ketika berbicara tentang prospek yang menghasilkan, konversi dan pendapatan. Namun, hanya 5% dari semua bisnis yang ada saat ini telah menggunakan marketing automation (Sumber: VentureBeat). Banyak bisnis yang tidak yakin apakah marketing automation adalah tools tepat untuk mereka dan memiliki dampak besar pada bisnis.

9. Mobile Advertising (MA)

Mobile Advertising memiliki kesamaan dengan display advertising. Hanya saja, media periklanan yang digunakan dalam mobile advertising adalah melalui aplikasi ponsel seperti aplikasi android atau aplikasi IOS.

10. Native Advertising

Native Advertising Adalah Media Iklan di era digital. Native ad dapat berbentuk apapun—banner ad, artikel, konten multimedia, dan bentuk lainnya. Native ad menyampaikan pesan promosinya lewat konten yang berusaha untuk meyakinkan konsumen untuk melakukan sesuatu—membeli produk mereka, sebagai contoh.

Sekian Artikel Mengenai Sekilas Digital Marketing beserta Internet Marketing ini Semoga Bermanfaat ya Kawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here